Berhenti Gagap Dengan Metode Tidak Langsung Dan Langsung

Anak-anak, terutama mereka yang berusia pra-sekolah, mengalami gangguan ketika berbicara. Gangguan ini dapat berupa pengulangan kata dan suku kata tertentu, perpanjangan bunyi dan suku kata dan blok yang dicirikan dengan kehabisan nafas ketika menghasilkan bunyi. Ketiga perilaku ini, perilaku utama gagap, dapat menimbulkan bendera merah untuk gagap ketika mereka diperlihatkan melewati tahun-tahun perkembangan bahasa anak-anak. Gagap, suatu jenis ketidaklancaran bicara, adalah perilaku yang dipelajari, oleh karena itu, juga dapat tidak dipelajari. Berbagai metode dan teknik tersedia bagi mereka yang ingin tahu cara berhenti bicara.

Berdasarkan riwayat, kasus, dan kebutuhan pasien, prosedur perawatan akan berada di bawah metode tidak langsung atau langsung, dua kategori prosedur yang luas, rencana terapi dan teknik bagi mereka yang ingin tahu cara menghentikan kegagapan. Kedua kategori ini dapat secara mandiri memenuhi kebutuhan kelancaran pasien.

Metode Tidak Langsung dan Langsung

Pasien yang ingin tahu bagaimana menghentikan gagap dan akan menjalani metode tidak langsung akan diminta untuk memodifikasi jenis lingkungan tempat mereka berada. Metode tidak langsung melibatkan perubahan pola interaksi dan rutinitas yang dialami pasien di dalam lingkungannya sehari-hari. Lingkungan ini termasuk rumah, sekolah atau tempat kerja. Dalam metode tidak langsung, dokter atau ahli patologi wicara, dengan bantuan guru dan anggota keluarga, akan memodifikasi lingkungan ini agar ramah terhadap mereka.

Dokter akan mengajari para guru dan anggota keluarga cara berbeda tentang cara menghentikan kegagapan dan aktivitas yang akan mengurangi momen gagap pasien. Klinisi dapat memodelkan gaya interaksi, jenis kecepatan bicara dan kegiatan sehari-hari yang akan membantu pasien terbiasa dengan pidato yang lancar. Metode ini berfokus pada perawatan tidak langsung pasien, di luar klinik.

Dibandingkan dengan kategori tidak langsung, metode langsung bagaimana menghentikan gagap melibatkan partisipasi aktif pasien dalam terapi atau sesi di klinik atau pengaturan rumah sakit. Orang yang gagap akan diminta untuk menjalani sesi terapi dua atau tiga kali seminggu, tergantung pada tingkat keparahan disfluensinya. Setelah penilaian dan evaluasi riwayat gagap pasien, dokter dapat memilih kategori ini untuk pasien dan mengajarkan kepadanya cara langsung menghentikan gagap.

Dokter akan mengajarkan teknik yang berbeda kepada klien yang dapat dia lakukan sendiri. Dokter akan mengajarkan teknik dengan cara hierarkis, dimana pasien harus menguasai teknik-teknik di tangga bawah terlebih dahulu sebelum dia dapat diajarkan teknik berikutnya. Teknik-teknik ini sangat mudah dipelajari dan akan sangat membantu orang-orang yang peduli yang ingin tahu cara berhenti gagap.

Diperlukan Tindakan Segera

Pada tanda-tanda pertama gagap, anak-anak harus dibawa ke ahli patologi bicara untuk mencegah memburuknya ketidakfungsian. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk gagap untuk diberikan pengobatan, semakin besar efek negatif yang mungkin ditimbulkannya. Gagap dapat menghalangi seseorang untuk dapat menyampaikan perasaan dan emosinya secara efektif. Mungkin juga memberi orang itu konsep-konsep negatif tentang berbicara. Tetapi, dengan bantuan dua kategori prosedur perawatan ini, mereka yang ingin menyelesaikan masalah mereka tentang cara menghentikan gagap diberikan harapan. Metode tidak langsung dan langsung untuk mengobati gagap juga akan lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan orang-orang yang sangat berpengetahuan tentang cara menghentikan gagap, patolog wicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *