Direct X12 – Keuntungan dan Kerugian

Gamer PC telah menantikan peluncuran Microsoft Direct X12, antarmuka pemrograman aplikasi yang memainkan peran penting dalam menghubungkan sistem operasi dan perangkat lunak dengan perangkat keras grafis. Versi ini secara luas diyakini sebagai perbaikan atas orang-orang yang mendahuluinya; Meskipun demikian, penting untuk mengetahui lebih lanjut tentang API baru ini, mengingat bahwa ada beberapa yang bagus di pasar yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing.

Kelebihan Microsoft Direct X12 sangat banyak dan langsung terlihat oleh pengguna. Untuk satu, API ini menawarkan kinerja yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Ini menghasilkan gambar yang sangat detail pada resolusi 1080p dengan lebih banyak segitiga daripada sebelumnya pada GPU. Berbagai algoritma yang digunakan untuk membuat visual dibuat sangat efisien. Akibatnya, adegan yang dibuat sangat kaya dan menarik. Ia juga menawarkan dukungan multi-platform. Sementara banyak gamer masih lebih suka menggunakan PC, ada peningkatan preferensi untuk menggunakan smartphone dan tablet untuk bermain gim video. Ini sudah cukup menjadi masalah sampai sekarang tetapi Microsoft grafis baru API berusaha untuk mengatasi masalah portabilitas.

Keuntungan besar lain dari API baru ini adalah beban CPU dapat dikurangi secara drastis karena aplikasi akan diizinkan untuk memiliki akses ke perangkat keras pada tingkat yang lebih rendah daripada sebelumnya. Meskipun ini bervariasi sesuai dengan hal-hal khusus dari masing-masing perangkat, daya yang dikonsumsi oleh sistem bahkan dapat turun hingga 50 persen sementara memastikan gambar yang kompleks dan terperinci muncul di layar. Pengembang video game diharapkan memanfaatkan Microsoft API baru karena mereka sekarang akan memiliki kemampuan untuk menggunakan CPU untuk kemampuan terbesarnya.

Harus diakui bahwa Microsoft DirectX 12 juga memiliki beberapa kelemahan. Kartu grafis yang dirancang untuk menggunakan API lain, DirectX 11 misalnya, tidak akan dapat berfungsi secara efisien dan sistem dapat menjadi sangat panas. Kerugian lain adalah bahwa meskipun menciptakan gambar resolusi tinggi, ada beberapa masalah dengan ketepatan visual; spasi di antara garis tidak diisi dengan benar sehingga akan ada masalah dengan gambar. Bahkan, push to 1080p dapat menghasilkan gambar yang tidak sebersih yang diharapkan. Calon pengguna DirectX 12 harus mempertimbangkan semua keuntungan dan kerugiannya sebelum membuat keputusan akhir mengeluarkan uang untuk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *