Open Source Remote Desktop IT Support Tools Dengan Akses Peer Langsung

Sebagai mantan karyawan Helpdesk, selama bertahun-tahun saya telah mengamati semakin banyak perangkat komputer.

Saya secara khusus berfokus pada alat yang memungkinkan untuk mengambil kendali dari desktop komputer jarak jauh.

Hingga hari ini saya tersenyum kepada diri sendiri tentang bagaimana pengguna berada di ujung baris bereaksi pada kursor mouse "self-propelled" dan jendela mengambang. Seperti komputer tiba-tiba menjadi angker. Beberapa dari mereka bahkan menangis atau memanggil Anda seorang penyihir.

Seperti Arthur C. Clarke menyatakan: "Setiap teknologi yang cukup maju tidak dapat dibedakan dari sihir". Saya sangat setuju ketika saya memikirkan kembali reaksi tersebut.

Tapi itu dulu.

Pada titik tertentu tujuan dasar sebagian besar perangkat lunak pendukung jarak jauh – biarkan Anda melihat atau berinteraksi dengan desktop pengguna seolah-olah Anda ada di sana secara pribadi – menjadi kabur.

Semakin banyak perusahaan dan proyek berlomba menawarkan fitur-fitur baru, perangkat lunak mereka terus bertumbuh dan menjadi canggih, alat pendukung perusahaan yang hanya mampu dibeli oleh organisasi besar.

Di sisi lain, ada Open Source proyek yang sesuai dengan nilai kesederhanaan dan ketersediaan umum. Beberapa di antaranya lebih dari yang lain. Saya sedang berbicara tentang VNC (Komputasi Jaringan Virtual) dan semua Remote Framebuffer solusi di luar sana.

Membiarkan kode sumber mereka di tempat terbuka, mereka diizinkan untuk pengembangan aktif dan peningkatan alat pendukung jarak jauh. Untuk menyebutkan beberapa proyek yang paling populer dan berkontribusi: TightVNC, UltraVNC atau TigerVNC.

Beberapa dari mereka juga memberi Anda berbagai pilihan fitur dan tersedia secara gratis.

Sebagian besar solusi gratis bagaimanapun berbagi beberapa keterbatasan yang saya lihat sebagai penyebab alat-alat brilian tidak hampir sepopuler perusahaan – perangkat lunak yang mahal.

  • Pertama adalah tingkat pengetahuan TI umum. Tidak semua orang adalah pakar TI. Nah, jika semua orang, mengapa Anda bahkan membutuhkan alat pendukung TI, bukan?

  • Kedua adalah pembatasan aksesibilitas antar perangkat pada saat ancaman yang muncul di Internet. Kami bersembunyi di balik firewall dan gerbang manajemen ancaman yang kami rasa aman dari ancaman tersebut. Kenyataannya terlihat berbeda, tapi itu topik untuk artikel lain.

Alat-alat berbasis VNC itu muncul dengan beberapa solusi untuk mengurangi keterbatasan itu sampai batas tertentu. Namun, versi yang benar-benar gratis masih memerlukan spesialis TI atau tautan Internet langsung untuk mengatur koneksi antar sesama.

Alat-alat IT kontrol jarak jauh baru terungkap setiap hari, menawarkan kemungkinan penyembuhan untuk kedua masalah di atas. Beberapa dari mereka adalah Open Source dan jarang tersedia sebagai donasi karena mereka menggunakan server yang dapat diakses publik untuk menangani pembatasan lalu lintas dan keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *