Pendinginan Mesin Perahu Langsung dan Tidak Langsung Dengan Penggunaan Pompa Air Mentah

Siapa pun yang baru berperahu dapat dengan mudah dimaafkan karena gagal memahami bagaimana mesin perahu kami didinginkan. Kecuali mesin Anda didinginkan udara atau keel (lebih lanjut tentang ini nanti) sistem pendinginnya sangat mungkin melibatkan 'pompa air baku'.

Pertimbangkan ini. Jika mesin kapal Anda berada di ruang mesin atau terkubur di bawah dek Anda, bagaimana bisa didinginkan? Mobil Anda akan memiliki radiator dan kipas angin. Radiator adalah penukar panas yang bergantung pada udara dingin yang melewatinya untuk mendinginkan air di dalamnya. Mesin yang tersembunyi di dalam perahu Anda tidak memiliki kemewahan ini, jadi kita harus mendinginkan mesin dengan cara lain.

Cara sederhana untuk mencapai ini adalah dengan mengambil mesin pendingin air standar dan memasang pompa yang mengambil air dari laut, danau atau sungai dan mendorong air itu langsung melalui mesin dan keluar lagi. Ini adalah dasar 'pendinginan air mentah langsung'. Untuk menambah efisiensi metode ini beberapa percikan terang menciptakan manifold pipa berjaket air. Alih-alih air yang digunakan dikeluarkan segera, itu dialihkan melalui knalpot air dan keluar melalui knalpot. Ini tidak hanya secara besar-besaran meningkatkan pendinginan mesin tetapi juga menghilangkan risiko kebakaran yang terkait dari knalpot yang sangat panas. Kelemahan besar metode ini, terutama di air laut, adalah membangun padatan kering dari air asin. Ini bisa sangat buruk sehingga membutuhkan perubahan mesin. Masalah selanjutnya adalah tidak adanya antibeku di musim dingin.

Solusi yang lebih elegan untuk mendinginkan mesin adalah 'pendingin air mentah tidak langsung'. Metode ini memiliki sistem air / antibeku yang disegel, mirip seperti mobil, tetapi bukannya radiator, ia memiliki tujuan untuk membuat penukar panas. Ini adalah bejana dengan dua bilik yang terpisah satu sama lain dengan bahan konduktif panas yang sesuai. Air dari mesin dipindahkan oleh mesin pompa sirkulasi melalui satu sisi penukar panas, sedangkan pompa air baku memompa air laut melalui sisi lain dari penukar panas. Ini menghilangkan panas dari sirkuit air tawar. Air mentah kemudian melewati jaket air knalpot yang kemudian mendinginkan mesin. Pembentukan padatan dapat mempengaruhi penukar panas dari waktu ke waktu, tetapi banyak yang dapat dibongkar dan dibersihkan, ini adalah alternatif yang jauh lebih murah daripada penggantian mesin yang mungkin.

Metode ini, digunakan dengan thermostat yang dipasang, memberi kita sistem pendingin tertutup yang penuh dengan air panas yang dapat kita alihkan melalui 'penghalus' untuk memberi kita tangki air panas gratis. Kalorifier hanyalah sebuah tangki dengan kumparan logam di dalam yang mengangkut air panas mesin melalui tangki mentransfer panas dalam perjalanan kembali ke mesin. Air pendingin mesin tidak pernah bercampur langsung dengan air yang akan kita gunakan untuk mandi!

Pompa air baku modern hanya sebagian kecil dari ukuran pompa lama yang tidak efisien yang digunakan untuk digunakan, tetapi mereka sangat kuat. Mereka berisi impeller fleksibel yang idealnya harus dihapus sesuai dengan interval yang direkomendasikan produsen, untuk pemeriksaan yang teliti dan kemungkinan penggantian.

Pendinginan Keel, kebetulan, adalah di mana mesin didinginkan oleh sistem tertutup, tetapi alih-alih menggunakan pompa air baku air mesin panas dialihkan melalui pipa logam di luar perahu di mana ia didinginkan dan kembali ke mesin. Sistem ini dapat terpengaruh parah jika dasar perahu dan pipa hancur atau dilanggar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *