Pengiriman ke Malaysia? Pelajari Tentang Aturan dan Peraturan Kepabeanan untuk Pengiriman lewat Laut

Terletak di Asia Tenggara, Malaysia adalah rumah bagi populasi lebih dari 28 juta, menurut data Bank Dunia. Ibu kota negara ini adalah Kuala Lumpur dan pemerintah federal Malaysia terletak di Putrajaya. Malaysia adalah rumah bagi sejumlah pelabuhan pengiriman, termasuk Pelabuhan Labuan, Pelabuhan Rajang, Pelabuhan Sandakan dan Pelabuhan Kota Kinabalu.

Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman kargo ke Malaysia, ada sejumlah dokumen yang diperlukan yang harus Anda rencanakan untuk memiliki termasuk:

  • Paspor
  • Izin kerja
  • Visa (untuk pekerjaan dan tempat tinggal di Malaysia)
  • Surat dari majikan Anda di Malaysia yang menyatakan alasan spesifik untuk impor, fungsi pekerjaan dan perkiraan lama tinggal
  • Surat Kuasa kepada Agen Tujuan, ditandatangani oleh pelanggan, agar kiriman Anda dapat dihapus

Selain itu, Anda juga harus memiliki delapan salinan formulir pabean yang ditandatangani No. 1.

Persediaan yang diperlukan untuk pengiriman Anda ke Malaysia harus sesuai persis dengan isi kiriman Anda. Silakan membuat daftar terpisah dari barang-barang listrik, peralatan dan barang-barang baru yang Anda kirimkan. Anda harus mencantumkan secara jelas merek, model, negara asal, voltase dan harga barang dalam pengiriman kargo Anda.

Ketika kargo Anda melewati bea cukai di Malaysia, Anda harus merencanakan untuk hadir karena ada beberapa dokumen yang diperlukan yang perlu Anda tanda tangani.

Penting juga untuk dicatat bahwa semua pengiriman kargo yang masuk ke Malaysia tunduk pada pemeriksaan pabean di negara tersebut.

Jika Anda tertarik pada tugas pengiriman gratis ke Malaysia, Anda dapat melakukan ini selama Anda memiliki barang-barang tersebut setidaknya selama tiga bulan dan selama Anda tidak membuangnya setidaknya selama enam bulan setelah kedatangan di Malaysia.

Agar memenuhi syarat untuk bebas bea pengiriman ke Malaysia, Anda juga harus menjadi orang asing dengan ijin kerja di Malaysia atau warga negara Malaysia yang telah tinggal di luar negeri setidaknya selama 12 bulan berturut-turut.

Pengiriman ke Malaysia – Item yang Tunduk pada Biaya Tugas, Pembatasan dan Pajak

Jika Anda mengirim kargo ke Malaysia, barang-barang tertentu dikenakan biaya bea, pajak dan / atau izin impor khusus. Misalnya, semua barang listrik yang dikirim ke Malaysia harus disertai dengan Izin Impor.

Selain itu, jika ada barang Anda kurang dari enam bulan, Anda akan diminta untuk membayar biaya tugas dan pajak tertentu. Pastikan Anda memiliki faktur asli dengan nilai barang Anda.

Saat pengiriman ke Malaysia, beberapa item dibatasi. Misalnya, item yang dibatasi mencakup hal-hal berikut:

  • Kaset dan film video akan ditinjau oleh Badan Sensor Film di Malaysia
  • Benda logam mulia
  • Setiap tanaman yang Anda kirim ke Malaysia memerlukan Sertifikat Phytosanitary dan persetujuan dari Kementerian Pertanian Malaysia.
  • Alkohol dan rokok dikenakan biaya impor yang tinggi

Anda dapat mengirim komputer ke Malaysia, bebas pajak, tetapi Anda dibatasi tidak lebih dari tiga komputer impor per keluarga. Selain itu, Anda tidak dapat menjual komputer apa pun yang Anda kirim ke Malaysia bebas bea untuk setidaknya satu tahun setelah impor ke negara tersebut. Harap dicatat, komputer juga memerlukan lisensi impor.

Anda harus memiliki izin khusus untuk mengirim telepon dan peralatan faks ke Malaysia.

Barang Terlarang saat Dikirim ke Malaysia

Jika Anda mengirim kargo ke Malaysia, ada barang-barang tertentu yang Anda tidak diizinkan untuk mengimpor ke negara tersebut. Item berikut ini tidak diizinkan untuk dikirim ke Malaysia:

  • Senjata api, senjata berbahaya, kembang api, bahan peledak, amunisi dan pisau
  • Narkotika dan obat-obatan (pelanggar dapat dikenakan Hukuman Mati)
  • Makanan
  • Materi pornografi atau sensitif secara politis (dalam bentuk buku, video, film)
  • Emas batangan
  • Parabola
  • Radio gelombang pendek
  • Kendaraan yang lebih tua dari 5 tahun (lihat di bawah)

Literatur apa pun tentang komunisme dilarang dikirim ke Malaysia

Selain itu, Anda tidak diizinkan untuk mengirim barang dari Israel ke Malaysia.

Pengiriman Kendaraan ke Malaysia

Pengiriman mobil ke Malaysia pada umumnya cukup sulit. Semua kendaraan bermotor, baik baru atau bekas, dikenakan bea cukai di Malaysia, dan juga sangat dikenakan pajak. Harap dicatat bahwa kendaraan yang lebih tua dari 5 tahun dilarang dikirim ke Malaysia.

Jika Anda ingin mengirim kendaraan ke Malaysia, Anda harus memiliki Izin Impor khusus. Anda harus memastikan untuk memiliki izin impor ini sebelum kendaraan Anda dikirim ke Malaysia. Dokumen yang diperlukan untuk pengiriman kendaraan ke Malaysia termasuk yang berikut:

  1. Sertifikat kepemilikan asli
  2. Formulir Bea Cukai Nomor 1 (rencanakan untuk memiliki delapan salinan)
  3. Polis asuransi
  4. Asli dan salinan paspor pemilik kendaraan
  5. Surat dari pemilik kendaraan yang menyatakan alasan untuk mengimpor kendaraan ke Malaysia
  6. Faktur Kendaraan, jika mobil baru

Pindah ke Luar Negeri dan Membawa Pet ke Malaysia

Jika Anda pindah ke luar negeri dan tertarik untuk membawa hewan peliharaan ke Malaysia, Anda diperbolehkan membawa anjing atau kucing atau burung ke Malaysia selama Anda memiliki dokumentasi yang tepat dan mengikuti protokol yang diperlukan.

Untuk membawa hewan peliharaan ke Malaysia, Anda harus mendapatkan Izin Impor sebelum kedatangan hewan Anda di negara tersebut. Anda juga akan memerlukan sertifikat kesehatan untuk hewan peliharaan Anda, yang dikeluarkan dalam tujuh hari penerbangan, yang dengan jelas menyatakan bahwa hewan Anda berasal dari area bebas rabies.

Semua hewan peliharaan yang memasuki Malaysia juga harus memiliki sertifikat vaksinasi yang menunjukkan bukti bahwa vaksinasi diberikan antara 30 dan 180 hari sebelum kedatangan.

Anda juga harus mencatat jenis, usia, warna, nama hewan peliharaan Anda, informasi kontak Anda, dan rincian penerbangan. Begitu tiba di Malaysia, hewan peliharaan Anda akan menjalani periode karantina selama satu bulan. Anda harus memberitahukan ruang kennel / karantina setidaknya 7 hari sebelum kedatangan Anda sehingga Anda tahu ada ruang. Setelah dua minggu periode karantina yang sukses, hewan peliharaan Anda dapat diizinkan untuk menghabiskan sisa karantina di rumah Anda.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan saat Anda merencanakan pindah ke luar negeri ke Malaysia atau tujuan lain di seluruh dunia. Seorang profesional perusahaan pelayaran internasional akan membantu Anda menavigasi semua aturan dan peraturan khusus negara, dokumen, dan logistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *