Peraturan Properti Tidak Bergerak di Siprus

Siprus adalah lokasi yang menarik untuk investasi properti tak bergerak karena berbagai alasan. Di satu sisi, skema perpajakan hukum yang cukup besar, kerangka hukum yang andal dan prosedur birokrasi yang lugas memotivasi orang-orang bisnis untuk berinvestasi dalam real estat di Republik Siprus. Di sisi lain, iklim yang hangat dan kualitas hidup menarik individu, pensiunan dan keluarga mencari rumah liburan atau lingkungan kerja baru, untuk membeli properti tak bergerak di pulau itu.

Saya ingin menggarisbawahi bahwa Siprus memiliki sistem hukum yang berkembang baik yang mengatur pembelian harta tak gerak dan diselaraskan dengan undang-undang Eropa. Semua hal yang berkaitan dengan real estat diatur melalui serangkaian peraturan perundang-undangan, yang sering diubah berdasarkan kondisi sosial dan ekonomi.

Hukum Hak Milik Tidak Kekal, Cap. 224 mengatur semua hal yang berkaitan dengan kepemilikan, pendaftaran dan penilaian harta tak gerak mengikuti prinsip-prinsip dari Catatan Tanah Siprus, di mana properti tak bergerak didefinisikan, diakui dan dihargai.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan aspek-aspek utama yang harus Anda pertimbangkan jika Anda berencana untuk membeli atau menjual properti tak bergerak di Siprus. Konstitusi Siprus melindungi perlindungan kepemilikan untuk semua orang, tanpa memandang kewarganegaraan. Artinya, orang Siprus dan orang asing memiliki hak yang sama terkait dengan kepemilikan properti mereka tanpa campur tangan dari pemerintah atau individu lainnya.

AKUISISI REAL ESTATE DALAM SIPRUS

Seperti telah dinyatakan, warga Siprus dan non-Siprus, penduduk tetap Republik Siprus memiliki hak untuk memperoleh properti apa pun tanpa pembatasan. Status perumahan diakreditasi oleh kantor-kantor daerah. Seorang individu dianggap sebagai penduduk tetap Republik Siprus jika ia tinggal di pulau itu selama setidaknya 185 hari per tahun. Pada titik ini, harus disoroti bahwa orang asing dan warga Uni Eropa yang bukan penduduk tetap Republik Siprus dan mereka ingin memperoleh harta tak bergerak di Republik Siprus, mereka berkewajiban untuk mengikuti beberapa formalitas tertentu. Namun, pembeli asing harus mempertimbangkan beberapa batasan juga.

Pada titik ini, harus diklarifikasi bahwa warga negara non-Siprus yang tinggal atau bekerja di pulau selama bertahun-tahun dapat memperoleh rumah kedua di Republik Siprus. Setelah, pembeli asing memperoleh izin yang diperlukan dan properti telah terdaftar atas nama pembeli, tidak ada pembatasan lebih lanjut. Oleh karena itu, pembeli asing adalah pemilik real estat yang terletak di Republik dan dia mungkin dapat menjual atau membuangnya sesuai keinginannya. Saya ingin menekankan bahwa ahli waris dari pemilik asing tidak diwajibkan untuk mendapatkan izin dari Dewan Menteri untuk melanjutkan pengalihan kepemilikan atas nama mereka.

PENJUALAN REAL ESTATE DI SIPRUS

Penjualan Properti Tidak Bergerak (Kinerja Khusus) UU tahun 2011, (N. 81 (I) / 2011), memberikan perlindungan yang diperlukan kepada pembeli terkait pembelian real estat di Siprus. Secara khusus, ketentuan undang-undang khusus ini menghalangi pengembang untuk mengalihkan properti ke tempat lain atau membebankannya untuk jangka waktu bahwa kontrak tersebut valid dan efektif secara hukum. Dalam hal vendor tidak mentransfer properti kepada pembeli maka pembeli dapat mengajukan permohonan ke Pengadilan.

TRANSFER BIAYA:

  • Jika nilai properti kurang dari 85.430 Euro maka biaya transfer adalah 3%.
  • Jika nilai properti adalah antara 85.431-170.860 Euro maka biaya transfer adalah 5%.
  • Jika nilai properti lebih dari 170.861 Euro maka biaya transfer adalah 8%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *